Rumus Gabungan UN. Menguntungkan atau Merugikan siswa?

/ Tuesday, April 19, 2011 /
Hello, selamat siang. gue baru balik UN. hari ini UN matematika. lancar dooong (H) sekarang gue akan bahas yang agak bener dikit. cieee agak bener. iya biasanya yang absurd absurd atau curhat curhatan sekarang gue akan bahas yang agak beneran dikit. tentang nilai UN 0,6 + 0,4 = 1. menguntungkan atau merugikan? oke kita bahas dari satu sisi ke sisi lain.

mungkin semua siswa dan guru akan merasa lega setelah mendengar kebijakan pemerintah tentang sistem penilaian kelulusan yang terbaru. iyalah disaat saat kayak gini, banyak anak anak yang demo karena nilai UN adalah satu satunya penentu kelulusan siswa. nggak fair dong, 3 tahun capek capek kumpulin nilai tiba tiba nggak lulus cuma gara2 nilai UN. siapa tau pas lagi UN kondisi lg gak fit, atau lg banyak pikiran, dan macem macem. who knows?

oke, sekarang bahas dari segi positifnya dulu

untuk anak anak yang menyukai sistem kebut semalam, atau yang selalu mengandalkan kebetan dan contekan, tentu sistem ini membantu banget! misalnya gini, nilai rata rata UN si anak ini cuma dapet 5. sementara nilai ujian sekolah, rapot, dll dapetnya 8,5. entah dari hasil nyontek ngebet atau apalah itu. terus diitung pake rumus:

0,6 x 5 + 0,4 x 8,5 = 3 + 3,4 = 6,4 LULUS

okedeh tuh ya, lulus dengan nilai lumayan pas pasan, no worries kan UN jelek tapi cadangan nilai banyak hahahaha menguntungkan banget kan? asoooy

disisi lain, untuk anak anak yang pinter tapiiii nilai rapotnya apes apes, mungkin karena faktor gurunya pelit kasih nilai, atau waktu itu lagi sakit, sering gak masuk, ulangan remed mulu, tapi pinter nih anak pas mau UN. ikut les, jadinya pinter --" misalkan aja rata rata UN nya 8, terus nilai ujian sekolah, rapot dllnya cuma dapet 6. mari dihitung:

0,6 x 8 + 0,4 x 6 = 4,8 + 2,4 = 7,2 LULUS

bayangkan deh, kalo aja cuma di tentuin sama UN, si anak yang dapet nilai tinggi ini bisa dapet rata rata yang lebih tinggi tanpa di gabung sama nilai UAS dll, gara2 nilai UAS nilainya jadi rendah.

jadi kesimpulannya, dalam beberapa hal, UN kali ini sangat menguntungkan dan cenderung dapat meluluskan 100% siswa karena nilai kelulusan yang jadi acuan tidak semata berpijak pada nilai Ujian Nasional an sih. namun bagi sekolah-sekolah yang menerapkan nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) tiap semester-nya cenderung kecil (di bawah 6) maka akan cukup sulit untuk meluluskan 100% siswa, kecuali nilai-nilai Ujian Nasional siswa bisa mencapai angka lebih dari sama dengan 6.

soooo menurut kalian gimana? menguntungkan atau merugikan?

0 shouts:

 
Copyright © 2010 Madness, All rights reserved
Design by DZignine. Powered by Blogger